Banyak Web yang Diam-diam Melacak Fingerprint Anda

Banyak Web yang Diam-diam Melacak Fingerprint Anda

Sebuah laporan menunjukkan betapa banaknya website terkenal yang menggunakan “device fingerprints” untuk melacak pengunjung-metode yang menghindari batasan hukum pada penggunaan cookies dan juga mengabaikan fungsi Do Not Track HTTP.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa model pelacakan rahasia pada pengguna Web tersebut lebih luas dari sebelumnya, berdasarkan para peneliti dari KU Leuven Universitas Belgia dan New York. Para peneliti mendapati bahwa 95 dari 10.000 website menggunakan perangkat fingerprint yang dimasukkan pada plugin berupa Flash pada browser yang digunakan untuk menjalankan animasi, video dan suara. Metode fingerprint tersebut dapat mengidentifikasi pengguna pada perangkat mobile dan perangkat lain yang tidak menggunakan Flash.

Perangakat fingerprint mengambil data data pada PC, smartphone, dan tablet yang digunakan untuk mengakses Internet untuk mendapatkan identifikasi yang khas dari pengguna. Data-data yang diambil-antara lain ukuran layar, versi software yang terpasang, dan bahkan font yang terpasang-membuat website dapat melacak pengguna tanpa menggunakan Internet cookies yang biasa digunakan untuk mengikuti aktifitas user.

Cara ini bahkan dapat melacak pengguna yang telah menggunakan fungsi Do Not Track, seperti yang ditemukan para peneliti. Do Not Track yang seharusnya dapat melindungi pengguna kini bahkan sepertinya tidak akan berguna lagi.

sumber